Home » » Portal Berita Terkini

Portal Berita Terkini

Written By Unknown on Sunday, July 21, 2013 | 9:13 PM

Portal Berita Terkini


Unikgaul

Posted: 20 Jul 2013 11:25 AM PDT

Unikgaul


7 Hutan Dalam Air Paling Menakjubkan di Dunia

Posted: 20 Jul 2013 07:08 AM PDT

1. Lake Kaindy, Kazakhstan

  
Danau ini terletak di kedalaman hutan dengan ketinggian 2000m di atas permukaan laut. Terbentuk dari longsoran batu kapur dan pengendapan tanah. Danau ini membentuk bendungan alami dan sebuah ngarai yang indah.Danau ini memiliki panjang panjang 400m dengan kedalaman 30m. Pemandangan yang sangat indah dihadirkan disini. Sisa-sisa pohon yang tidak terendam, menjulang bagaikan paku-paku kreasi dari alam. Sedangkan bagian yang terendam air, nampak menyimpan misteri seperti hutan yang berumur ratusan tahun.nah kalo ini yg gambar nya kaya garis2 kurus itu yg pohonnya.


2. Danau Bezid, Romania

 

Terletak di wilayah Transylvania Rumania, keunikannya adalah tidak hanya pemandangan indah namun juga sisi mistis yang dihadirkan di sini. Terbentuk setelah seluruh desa Bezid kebanjiran, meninggalkan rumah-rumah di dasar danau dan hanya gereja lokal menara dan pohon-pohon masih terlihat menjulang di atas danau.Dahan-dahan dan ranting pohon yang tua terlihat menjulang ke atas permukaan air seperti tangan-tangan yang membawa pesan mistis. Waduk ini juga menyembunyikan sesuatu di bawah airnya, yaitu puing-puing desa yang tenggelam sehingga semakin menambah suasana indah dan juga misteri yang dihadirkan disana.menarik atau mengerikan.


3. Danau Periyar, India


Danau Periyar sebenarnya waduk buatan, untuk sebuah daerah banjir yang diciptakan pada tahun 1895 oleh pembangunan Bendungan Mullaperiyar. Tunggul pohon itu adalah sisa-sisa hutan yang dulu.Di sekitar danau kontur bukit-bukit yang berhutan menyediakan sumber air permanen untuk satwa liar lokal, dan ini dikatakan sebagai salah satu dari sedikit tempat di mana bendungan telah baik untuk di jadikan ekosistem.hehehe tetep dalam air kan.


4. Waduk Udawalawe, Sri Lanka


Waduk ini menyajikan pemandangan sisa-sisa ribuan pohon hutan yang mati akibat terendam air yang mengisi bendungan buatan ini. Banyak sekali binatang-binatang yang kehilangan habitatnya disini, Namun belakangan, waduk ini mulai kembali didatangi oleh berbagai kelompok dan jenis-jenis hewan yang ada di sekitar lingkungan waduk ini.Sering terlihat sekumpulan gajah-gajah yang sengaja mampir kesini, selain untuk minum ada juga yang bermain-main dengan mandi di sini. Tak ketinggalan pula mulai banyak jenis-jenis ikan baru yang kedapatan meghuni waduk ini.sayangnya dijadikan waduk.


5.Danau Volta, Ghana


 
Danau dibentuk oleh hidroelektrik Akosomba Dam, yang menyediakan pasokan listrik untuk banyak negara. Selesai dibangun pada tahun 1965, proyek ini memaksa sekitar 78.000 orang untuk melakukan relokasi permukiman baru, bersama dengan 200.000 hewan peliharaan mereka, sementara sekitar 120 bangunan dan tempat tinggal yang tak terhitung jumlahnya juga dihancurkan.Danau Volta merupakan potensi sumber daya yang menjanjikan, pemerintah Ghana berusaha untuk memanen 14 juta meter kubik kayu yang terendam, meskipun tidak tanpa kontroversi. Kayu keras tropis yang mungkin berharga, diawetkan oleh minimnya oksigen di dalam air. Tetapi beberapa mengatakan penebangan di dalam air bisa menjadi ancaman bagi nelayan dan mengganggu keseimbangan ekologi danau.


6. Danau Caddo,Texas


Danau Misterius ini tampak seperti Rawa-rawa dalam film horror. danau ini tidak sepenuhnya tenggelam sehingga tumbuhan di sini tidak begitu mati dan tidak begitu hidup. Namun di balik keseraman tersebut terdapat Keindahan yang luar biasa.Asli tumbuhan runjung tenggara Amerika Serikat, pohon-pohon Cypress berkembang dalam habitat lembab, dan beberapa individu dapat hidup selama lebih dari 1.000 tahun.Baldcypresses, yang berkembang dalam habitat berawa, memiliki pertumbuhan yang khas yang disebut cemara lutut, woody proyeksi di atas air yang merupakan bagian dari sistem akar dan memberikan dukungan struktural dan stabilisasi – di situs rawan banjir seperti ini.
  

7. Kampong Pluk, Kamboja

 

Di Kamboja dapat ditemukan hutan lain yang mengambang, terdiri dari pohon-pohon yang tumbuh keluar dari sebuah danau, akar kust mereka yang tersembunyi di bawah air.Pohon yang tumbuh di Kampung Pluk adalah bakau dan habitat hutan lainnya. Mereka adalah rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk monyet pemakan kepiting, serta manusia yang panen udang dan tinggal di rumah pohon / rumah apung.

5 Jenis Lalat yang Tidak Bisa Terbang

Posted: 20 Jul 2013 07:08 AM PDT

Lalat rumah, lalat buah ataupun nyamuk, merupakan salah satu serangga yang memiliki dua sayap (ordo Diptera). Di dunia ini terapat 250.000 jenis serangga diptera yang hidup mulai dari menghisap madu hingga darah hewan dan atau manusia. Uniknya, tidak semua serangga diptera memiliki kemampuan untuk terbang. berikut kami merangkum 5 lalat yang tidak bisa terbang:


1. Lalat Larva Semut

Lalat yang satu ini memiliki bentuk fisik menyerupai larva semut, diptera parasit ini hidup sebagai parasit di koloni semut prajurit yang dikenal ganas. Lalat Vestigipoda longiseta, hidup dengan mencuri makanan-makanan yang dibawah oleh para semut. Bahkan ia mendapatkan perlindungan layaknya larva semut dari para semut prajurit.


2. Lalat Australia


Lalat asal Australia yang satu ini ketika masih berupa larva hidup dan besar di dalam air yang terjebak di bagian mangkuk sebuah tanaman. Setelah menjadi dewasa, meskipun sudah menjadi lalat namun ia tidak bisa terbang hanya melompat dari satu tanaman ke tanaman lain. Bahkan mereka seringkali ditemukan berada di wilayah yang kering dan gersang, padahal tidak ada tanaman bermangkuk tumbuh di wilayah tersebut.


3. Lalat Kutu Lebah


Lalat yang dikenal sebagai 'kutu lebah,' merupakan salah satu diptera yang tidak bisa terbang. Bahkan mereka menghabiskan masa dewasanya di dalam koloni lebah, dan tubuhnya yang kecil memungkinkan mereka untuk bersembunyi di balik sayap lebah dewasa. Dan tidak segan-segan menjilati mulut inangnya untuk mendapatkan makanan.


4. Lalat Air Laut


Ketika menjadi larva, lalat yang tidak bisa terbang ini hidup dengan memakan alga dan organisme laut yang membusuk. Lalat air laut atau pontomyia merupakan salah salah serangga yang hidup di lingkungan air laut. Jantan dewasanya memiliki kaki yang lebih panjang, gerakannya seperti berselancar dibantu dengan dorongan angin yang dihasilkan dari kepakkan sayapnya.


5. Lalat Kelelawar Selandia Baru


Lalat kelelawar yang berasal dari Selandia Baru ini masih berhubungan dengan lalat kelelawar di bagian pertama. Dinamai lalat kelelawar karena ia memperoleh makanan melalui darah yang dihisapnya dari hewan lain. Meski demikian lalat kelelawar betina memberi makanan larva melalui cairan yang terdapat dimulutnya. Maka tak heran jika lalat kelelawar yang tidak bisa terbang ini merupakan serangga yang mengayomi anak-anaknya.

5 Pekerjaan Paling Buruk di Dunia

Posted: 20 Jul 2013 06:00 AM PDT

Di era modern pekerjaan apapun akan dilakukan oleh seseorang untuk menafkahi kebutuhan hidupnya. Termasuk pekerjaan yang membosankan, jorok dan menyebalkan, meski dalam perspektif ilmu pengetahuan pekerjaan mereka sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Akan tetapi beberapa menganggap aktifitas tersebut sebagai pekerjaan terburuk. Berikut kami merangkum 5 pekerjaan terburuk di dunia:

1. Petugas Kebersihan Toilet Portable

Petugas kebersihan toilet portable pun termasuk ke dalam pekerjaan terburuk di dunia, selain berhubungan langsung dengan kotoran manusia juga rawan terkena serangan penyakit pencernaan. Dengan menggunakan tongkat vakum dan sikat, mereka pun harus memunguti tisu bekas kotoran yang dibuang secara sembarangan oleh pengguna toilet.


2. Pencium Bau 'Gas'


Posisi penentu kualitas aroma biasanya ditemukan di perusahan parfum, ataupun produsen mouthwash (penyegar mulut). Namun berbeda dengan gastroentologi (sistem pencernaan) dari Minneapolis, Michael Levitt, ia memperkerjaan dua orang untuk menilai kualitas dan mengumpulkan gas yang dihasilkan dari sistem pencernaan manusia. Kedua petugas tersebut mengumpulkan maaf kentut yang dikeluarkan seseorang ke dalam sebuah tabung, untuk kemudian dihirup dan diteliti. Maka tak heran jika bidang pekerjaan ini dikategorikan sebagai pekerjaan terburuk di dunia.


3. Penjaga Kualitas Makanan Kucing


Seorang lelaki berkebangsaan Inggris, Jon Hanson menjelaskan bahwa dirinya telah melakoni salah satu pekerjaan terburuk di dunia. Jon bekerja sebagai penjaga kualitas makanan kucing, nah dikatakan buruk karena pada tahap pertama ia harus membenamkan wajahnya di dalam bak makanan kucing, kemudian menghirup aromanya untuk memastikan kesegaran. Tahap kedua, menbenamkan tangan hingga siku dan mengambil makanan di lapisan bawah. Kemudian tahap ketiga adalah mengambil dan mencoba rasanya.


4. Pembersih Bangkai Hewan Akibat Tabrak Lari


Pekerjaan yang satu ini sudah dapat terbaca keburukannya di subjudul di atas. Para petugasnya setiap hari berjalan melintasi jalanan untuk memunguti dan mengangkat bangkai hewan yang mati tertabrak kendaraan roda empat. Selain terlihat jorok, pekerjaan membersihkan jalanan dari bangkai hewan pun beresiko terjangkit penyakit akibat bakteri dan kuman yang ada di dalam bangkai tersebut.


5. Pengejar Kera di Taman Safari Kanada

 
Seorang pekerja bernama Marin dikontrak oleh pihak Taman Safari di Kanada untuk bertugas sebagai pengejar kera-kera yang mengganggu para pengunjung. Dengan menggunakan mobil lengkap dengan kandang jeruji, ia akan mengejar dan menangkapi kera-kera yang usil. Meskipun terlihat seperti pekerjaan yang buruk namun, ia juga harus memastikan agar kera tersebut tidak melarikan diri dari reservasi dengan bersembunyi di mobil pengunjung yang akan keluar dari taman safari.

Kicau Burung Lokal Indonesia

Posted: 20 Jul 2013 07:28 AM PDT

Kicau Burung Lokal Indonesia


Sangkar gantung untuk penangkaran , Why Not?

Posted: 20 Jul 2013 05:11 AM PDT

Beberapa penangkar yang memiliki halaman dan tempat yang luas tentulah akan bisa sesuka hatinya menentukan tipe dan bentuk kandang penangkaran yang akan dibangunnya, lalu bagaimana jika tempat ataupun halaman kita tidak cukup memungkinkan untuk membangun sebuah kandang penangkaran, apakah usaha kita ingin mencoba berternak burung akan berhenti sampai disini, jangan menyerah masih ada cara alternatif lain yang bisa dibilang cukup sederhana yaitu menggunakan sangkar gantung. 

Metode ini kerap digunakan peternak peternak kecil yang mengaku kesulitan mencari lahan untuk membangun kandang yang sesuai, dari peternak ini pulalah kita bisa melihat beberapa contoh sangkar gantung untuk penangkaran yang mungkin bisa jadi sarana alternatif untuk mewujudkan impian kita menjadi penangkar burung. 

Selama ini yang kita ketauhi adalah menangkar dengan menggunakan sangkar gantung ini adalah untuk burung-burung kecil seperti kenari ataupun jenis finch, namun ternyata pada perkembangannya, penangkaran model sangkar gantung ini bisa juga diterapkan pada burung-burung seperti murai batu, cucak hijau, anis kembang, kacer, dsb.

Bagian terpenting dari penangkaran dengan menggunakan sarang gantung ini adalah kedua burung yang akan dikembang biakan harus sudah jodoh terlebih dahulu dan juga burung dalam kondisi sudah jinak.  

Sebagai bahan inspirasi, berikut beberapa contoh penangkaran yang menggunakan sistem sangkar gantung:






Salam Kicau!




Sarumisi bamburaeng si burung madu dari Sangihe

Posted: 20 Jul 2013 04:55 AM PDT


Burung madu sangihe atau yang di habitat aslinya dijuluki Sarumisi Bamburaeng ini merupakan salah satu dari jenis burung madu yang paling dilindungi , keberadaannya bisa dibilang sangat rendah dan jarang ditemukan kecuali disatu lokasi yaitu di Pegunungan Sahendaruman dimana populasi globalnya diperkirakan hanya berjumlah sekitar 13.000 hingga 29.000 individu dewasa.

Wilayah sebaran yang sangat sempit tersebutlah membuat burung madu yang juga memiliki nama latin Aethopyga duyvenbodei dan bahasa inggrisnya Elegan Sunbird membuat Badan Konservasi Dunia IUCN ( International Union for Conservation od Nature ) bersama Pemerintah Indonesia menempatkan burung madu ini sebagai jenis yang dilindungi sesuai peraturan pemerintah No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa dan bahkan merupakan burung yang paling langka di kawasan wallacea atau Indonesia bagian tengah.

Burung madu jantan dan betina bisa dibedakan dari warna cerah pada mahkota dan seluruh warna bulunya dimana burung madu jantan memiliki bulu penutup telinga dan tengkuku yang berwarna ungu-kemerahan serta mahkota yang berwarna hijau-biru metalik sedangkan betina memiliki warna yang lebih pucat dengan mahkota yang bersisik.

Makanan utama mereka adalah nektar yang terdapat pada bunga kelapa ataupun avertebrata dibalik dedaunan, serta sering mengunjungi tanaman yang kaya akan serangga. 

Dalam habitatnya burung ini sering terlihat sendirian atau berpasangan dan kadang ditemukan bersama dengan kelompok jenis burung madu lain atau burung cabai. ukurannya yang kecil dengan kegesitan gerakannya membuat burung ini sering merepotkan mereka yang mencoba mengambil gambar atau sekedara mengamati seperti Birdwatching atau pengamat burung sehingga tak jarang burung ini sering disebut burung yang bikin pegal leher karena sifatnya yang sangat aktif dan atraktif.



Burung ini hanya berukuran 12 cm dan hanya bisa ditemui di Pulau Sangihe , Sulawesi Utara. Seperti yang kita tahu juga Pulau Sangihe ini menyimpan beberapa burung eksotis lainnya yang juga dilindungi seprti serindit sangihe (Loriculus catamene) dan pleci sangihe (Zosterops nehrkorni) yang merupakan endemik asli dari kepulauan sangihe termasuk juga burung seriwang sangihe atau Caerulean Paradise-flycatcher ( Eutrichomyias rowleyi) yang mirip dengan tledekan biru atau selendang biru ini yang kabarnya jumlah di habitatnya diperkirakan hanya berjumlah 19 ekor saja.  

Sangihe memang merupakan surganya burung burung dilindungi di indonesia karena di kepulauan ini banyak ditemukan burung -burung yang sudah dalam kondisi kritis dan hampir punah, pelestarian serta upaya konservasi yang telah dilakukan banyak pihak baik itu pemerintah atau sukarelawan harus mendapat dukungan penuh dari kita semua dan bukan hanya di kawasan Sangihe saja, misalnya di Pulau Jawa,  konservasi atas burung ekek geling yang jumlahnya menurun drastis juga patut menjadi perhatian serius dari banyak pihak. 

Salam kicau!



0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS